Mrs. Arrazaq's Diary

resep srikaya palembang

Posted in kitchen, resep, resep srikaya, resep srikaya palembang, srikaya by mrsarrazaq on January 11, 2010

Kemaren itu tiba2 kangen sama kue kampung. Srikaya, namanya. Kalo saja aku dan suami tinggal di Palembang atau kota kelahiranku, Baturaja. Mungkin untuk makan srikaya barang sepotong dua potong ga usah susah2 harus bikin. Nah, yang jadi masalah, aku dan suami sekarang ini stay di Medan. Kota yang jauh banget sama Palembang, yang untuk nyari makanan khas Palembang itu susah banget, jadi mau ga mau harus masak sendiri.

So, sabtu kemaren aku cobalah untuk masak srikaya, sambil nginget2 resep yang diajarin mama dan contekan resep dari kak Ucee. Ga lama koq bikinnya dan voila enak juga loohhh. Kalo aku ga tinggal di Medan mungkin sampe sekarang ga tau deh gimana cara bikin srikaya. Hehehe.

Ini dia resepnya :

Bahan :

- 1 gelas santan kental
- 1 gelas telur ayam (dikocok lepas aja kayak mau didadar)
- susu bubuk (sekitar 3 sendok makan setiap gelasnya)
- 1 gelas gula ( tapi yakinlah ini kemanisan (menurut lidahku loh ya..jadi agak dikurangin aja sedikit kalo ga yah sesuai selera ya..)
- sedikit garam
- Untuk ukurannya, saya menggunakan gelas jadi ga diukur beratnya. Jadi untuk telur satu gelas, berarti santannya juga satu gelas, gulanya juga satu gelas. Kalo ingin hasil yang lebih banyak tinggal kalikan aja bahannya, kalo telur 2 gelas, santan juga dua gelas begitu seterusnya.

Cara Membuat :
Campur gula, garam dan susu bubuk, aduk2 sampai tercampur rata.
Masukkan telur ayam, aduk kembali sampai tercampur, masukkan santan kental dan sari daun pandan (pandan bisa parut, lalu peras atau diblender dengan air santan. Jangan terlalu banyak menggunakan daun pandan, karena aromanya tajam jadi bisa mengganggu aroma srikaya setelah jadi, gunakan daun pandan sedikit saja sekedar agar srikaya wangi, untuk warnanya tambahkan sedikit pasta hijau)
Aduk kembali semua bahan sampai tercampur.

Lalu masukkan ke dalam cetakan/mangkuk2 kecil, kalau tidak ada, bisa gunakan gelas keramik tahan panas, isikan bahan srikaya ke gelas, isi sampai setengah saja.
Kukus sampai matang.

Sebelum mengukus, lapisi tutup kukusan dengan serbet agar uap air selama mengukus tidak jatuh ke srikaya.

Setelah matang, srikaya ini biasanya dimakan dengan cara dicocol pake ketan putih yang telah dimasak terlebih dahulu.

Cara memasak ketan :
Rendam ketan 1-2 jam, kukus sampai setengah matang,
Campur dengan sedikit santan, kukus kembali sampai matang. Siap dihidangkan.

Ehmmm karena aku sedikit males masak ketannya, ga masak deh, jadi srikayanya dimakan gitu aja, lebih nikmat menikmati srikaya ini setelah disimpan sebentar di lemari es. Oia, untuk yang ga suka ketan atau males masak ketan seperti diriku, ketannya bisa diganti sama roti tawar lho.

Yuhuuuu, yang tertarik nyoba bikin srikaya, silakan dicontek ya resepnyaaa.. :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: