Mrs. Arrazaq's Diary

Review Film Sang Pemimpi

Posted in andrea hirata, review film, review film sang pemimpi, riri riza, sang pemimpi by mrsarrazaq on December 26, 2009

Film kedua dari tetralogi Laskar Pelangi ini rilis pertengahan Desember 2009. Agak berbarengan dengan film2 luar seperti Ninja Assasin, New Moon Saga dan Avatar. Tapi, dengan banyak saingannya gitu ditambah suasana Natal, tetep aja susah dapet tiketnya. Kirain kalo Natal 21 sepi. Hihihihi. Apa coba korelasinya?

Secara keseluruhan film ini sangat menghibur. Dari segi cerita sangat kuat karena memang berasal dari pengalaman hidup Andrea Hirata sang penulis novel berjudul sama. Gambar-gambar yang bergantian ditampilkan pun sangat memanjakan visualisasi penonton. Keindahan pantai dan alam Belitong sangat menggiurkan, sehingga bisa saja setelah menonton film ini, penonton ingin liburan ke Belitung, termasuk saya sepertinya. LOL.

Film ini bercerita tentang impian Ikal dan sepupunya Arai, yang anak Belitung asli, hidup dalam keterbatasan namun memiliki impian bersekolah di Sorbonne, Perancis. Imapian inilah yang membuat mereka bekerja keras menjadi kuli serabutan di pasar deket kontrakan mereka di Manggar.

Benang merah cerita ditampilkan secara apik oleh Riri Riza, sang sutradara, ditambah dengan peran Bang Zaitun dan Jimbron yang lucu juga kehadiran Zakiah Nurmala yang cantik sangat bikin betah. Ah, pokoknya baguslah. Mana ditambahin lagu Gigi dan suara Ipang yang keren itu sebagai soundtracknya, ehmmm makin mantep deh.

Sepanjang film saya merasa hati saya penuh dan dada saya seperti meluap2 oleh perasaan haru, lucu dan semangat Ikal dan Arai dalam mengejar mimpi. Adegan lucu favorit saya adalah saat pak Balia berkata, ‘Teriakkan kata2 yang menginspirasimu!!’, sementara teman2 sekelasnya mengutip kata2 ilmuwan terkenal dan para pahlawan seperti A. Einstein, RA. Kartini dan Sukarno, Jimbron, sobat seperjuangan Arai dan Ikal menjawab,’Masa muda adalah masa yang berapi-api, Rhoma Irama’. Hahahaha.

Yah, saya bukan kritikus film, tapi saya sangat menyukai film ini, meskipun pemilihan Lukman Sardi sebagai Ikal sejak di film Laskar Pelangi agak sedikit mengangu buat saya. Terlalu kurus ga seh? Soalnya saya sudah pernah liat Andrea Hirata di layar kaca dan dia agak gemuk menurut saya. Jadi kalo diperankan oleh Lukman Sardi kayaknya kurang pas. Selain itu, semuanya oke. Saya kasih nilai 8/10 untuk Sang Pemimpi.

nb :
suami jadi pengen ngoleksi VCD Laskar pelangi dan Sang Pemimpi,
buat anak kita nanti katanya. Ahhh terharu🙂

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Erikson Wijaya Bin Asli Aziz said, on December 29, 2009 at 2:36 pm

    mengamankan pertamax dulu ahhh.. kalau saya novel nya sudah ada lengkap 4 edisi.. filmnya heheheh.. boljug2 kalo di koleksi.. dan kebetulan belum nonton.. mungkin akhir pekan ini mau nontonnya.. :)*agak bebaso Jakarta dikit😛

  2. irmaniz said, on January 5, 2010 at 1:18 pm

    hahaha kalo yang komen pertama dapet mug cantik, udah banyak dapet mug ya son? :)yup, betul, mumpung masih belom langka, harus segera dikoleksi tuh…eh, ngomong2 seru juga ya kalo 5cm dijadiin film?

  3. Elsa said, on January 7, 2010 at 9:47 am

    ehem…. aku sih, gak seberapa suka film laskar pelangi. bagiku terlalu banyak kejadian "TIBA-TIBA". tanpa ada penjelasan sebelumnya. sungguh jauh lebih indah bukunya dibanding novelnya.jadi…aku sudah gak tertarik lagi nonton sang pemimpi.

  4. irmaniz said, on January 8, 2010 at 3:14 am

    elsa > ehmm aku seh menikmati jeng, soalnya di filmnya banyak gambar2 indah pulau belitong, malah pengin kesana abis nonton. hihihi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: