Mrs. Arrazaq's Diary

Review Negeri 5 Menara

Posted in a. fuadi, books, negeri 5 menara, review, review negeri 5 menara by mrsarrazaq on December 4, 2009

Judul Buku : Negeri 5 Menara
Penulis : A. Fuadi
Penerbit : Gramedia
Jumlah Halaman : 432 Halaman
Harga : Rp.50.000

Sebagai pembaca, saya mempunyai cara sendiri untuk mengetahui sebuah buku itu bagus atau tidak. Yang paling gampang bisa dilihat dari berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk membaca buku tersebut. Makin cepat saya bisa menamatkan sebuah buku makin baguslah buku itu (ini murni menurut saya loh, tanpa bermaksud mempengaruhi pihak manapun :D)

Untuk buku Negeri 5 Menara ini, saya menghabiskan waktu hampir seminggu. Kenapa? menurut saya cara bang A.Fuadi bercerita kurang mengalir dan terkadang membuat pembaca bingung dengan apa yang diceritakan. Pewatakan setiap karakter dalam cerita ini kurang tegas. Tapi secara keseluruhan buku ini sarat dengan makna.

Buku ini bercerita tentang seorang anak laki-laki dari sebuah daerah di Pinggir Danau Maninjau, bernama Alif Fikri. Yang ingin melanjutkan sekolah ke sekolah umum setelah menamatkan Madrasahnya. Namun, Amak (panggilan ibu dalam budaya Minang)nya yang ingin Alif menjadi seperti Buya Hamka beranggapan sekolah agama tetep pilihan terbaik.

Dengan setengah hati akhirnya Alif mengikuti kemauan Amaknya, sekolah agama di Pondok Madani sebuah pondok pesantren di sebuah desa di Jawa Timur. Di pondok ini, Alif dipertemukan dengan teman-teman dari berbagai daerah. Alif berkawan dekat dengan Raja dari Medan, Atang dari Bandung, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Madura dan Baso dari Sulawesi.

Mereka berenam saling memberi semangat untuk mencapai mimpi yang sering mereka perbincangkan di bawah menara mesjid. Mereka belajar keikhlasan, kepemimpinan dan menjadi pribadi pantang menyerah seperti yang diajarkan para Ustad dan Kyai di pondok. Meraka diajarkan untuk percaya pada satu mantera ‘Man Jadda Wajada’, ‘Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil’. Hingga pada saatnya mereka bisa meraih mimpi untuk belajar dan menjejakkan kaki ke London seperti mimpi yang sering mereka bagi.

Saya banyak mengambil pelajaran dari buku ini, salah satunya adalah ketika kita ingin menjadi yang terbaik, maka berusahalah melebihi usaha orang lain dan jangan menyerah.

Membaca buku ini, saya seperti membaca perpaduan buku Sang Pemimpi Andrea Hirata dan Harry Potternya JK. Rowling. Kehidupan asrama yang di ceritakan Negeri 5 Menara, persis dengan Harry Potter dan keingninan pantang menyerah menggapai mimpi khas sekali seperti Sang Pemimpi. Tentunya setiap buku punya kelebihan yang ditonjolkan sesuai gaya penulisnya. Untuk tau kelebihan buku ini, silahkan baca sendiri..🙂

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Erikson Wijaya Bin Asli Aziz said, on December 4, 2009 at 11:26 am

    bagus ni dr resensi dan review nya yuk irma… belakangan memang banyak buku nuansa begini, terkesan latah tapi bagus untuk menyemanngati perjuangan anak negeri seperti kita ok yuk hehehe….

  2. irmaniz said, on December 7, 2009 at 10:06 am

    @ erikson : iyo son, kalo abiz baco buku2 itu jadi makin semanagt tapi agak lamo dikit eh malesnyo kumaaattt hohoho *pengalaman pribadi*

  3. Elsa said, on January 7, 2010 at 9:51 am

    temanku juga merekomendasikan buku ini. tapi setelah lihat sinopsisnya, dari awal aku langsung gak tertarik. gak tau kenapa…

  4. irmaniz said, on January 8, 2010 at 2:57 am

    elsa > ehmm menurut aku seh, buku ini juga ga terlalu nendang, ceritanya lompat2 dan ga sinkron mana setting asrama lagi, berasa baca harry potter digabung sama laskar pelangi hihihi..tapi pelajaran yang diselipkan dicerita lumayan oke buat pengalaman🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: